Kamis, 29 Oktober 2020

Teras KPI 2020 Meriahkan Kegiatan Himpunan Mahasiswa

Batusangkar - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, membuat segala bentuk kegiatan pembelajaran dilakukan secara online. Salah satunya kegiatan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMJ KPI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), IAIN Batusangkar sukses menggelar Teras KPI (Temu Ramah Silaturahmi Komunikasi dan Penyiaran Islam) yang diawali dengan pembukaan kegiatan secara resmi pada hari Jum’at (30/10) oleh Bapak Dr. Akhyar Hanif, M. Ag selaku Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah melalui aplikasi Zoom Meeting.

Teras KPI sendiri adalah program kerja HMJ KPI 2020 yang terdiri dari dua kegiatan, yakninya Seminar Komunikasi Nasional dengan tema “Menjadi Komunikator Profesional di Tengah Pandemi” dan Gempita Lomba Nusantara dengan tema “Seni Dakwah, Ciptakan Rasa”. Sehari setelah melaksanakan pembukaan, dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Komunikasi Nasional dengan seorang pemateri luar biasa oleh Kakak Trifty Qurrota Aini, SE., M. Sc melalui aplikasi Zoom Meeting pada Sabtu (31/10) pukul 14.00-16.00 WIB.

Selain itu, Gempita Lomba Nusantara yang merupakan bagian dari kegiatan Teras KPI juga mengangkat dua lomba, yakninya lomba pamflet dan lomba script naskah. Dan dalam kegiatan ini yang menjadi juri adalah dosen KPI IAIN Batusangkar yang memang berkompeten dalam bidangnya, di antaranya yaitu Bapak Syafriwaldi, S. Sos., I., MA, Ibu Zafirah Quroatun 'Uyun, S.I.Kom., M.A, Bapak Riki Rikarno, M. Sn, dan Ibu Refika Mastanora, S. Kom., M. I. Kom. HMJ KPI 2020 pun tidak memungut biaya pendaftaran untuk peserta, dan memberikan e-certificate untuk seluruh peserta dan uang tunai jutaan rupiah bagi para pemenang Gempita Lomba Nusantara nantinya.


Gilang Adimulya selaku Ketua Umum HMJ KPI 2020 mengatakan bahwa kegiatan Teras KPI bertujuan untuk berbagi ilmu tentang bagaimana cara menjadi komunikator yang baik dan benar, yang mana cakupannya tidak hanya mahasiswa KPI IAIN Batusangkar saja, namun juga dalam lingkup nasional sebagai ajang memperkenalkan jurusan KPI IAIN Batusangkar lebih luas lagi. “Meskipun dengan kondisi seperti ini, antusias panitia dan peserta untuk mengikuti kegiatan ini tidak berkurang. Hal ini membuat saya pun turut senang, terlebih peserta seminar banyak yang berasal dari luar daerah Batusangkar, mulai dari Aceh, Surabaya, Cilacap, dan masih banyak daerah lainnya. Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk kedepannya agar lebih baik, khususnya untuk peserta lomba tetap semangat dalam mengikuti lomba dan teruslah berkarya untuk kemajuan Indonesia,” pungkasnya.

Salman Al Farisi selaku Ketua Panitia Teras KPI juga mengatakan bahwa kegiatan Teras KPI merupakan agenda yang sangat besar karena diangkat dalam lingkup nasional, terlebih diadakan di masa pandemi. “Meski banyak kendala yang terjadi selama proses berlangsung, namun itu tidak menyurutkan semangat panitia dan peserta kegiatan Teras KPI ini,” tambahnya.

Salah satu panitia Teras KPI, Muhammad Ihsan sebagai Koordinator Divisi Pubdekdok (Publikasi Dekorasi dan Dokumentasi) mengatakan bahwa kepanitiaan sangat cepat tanggap dalam menghadapi problem yang terjadi selama kegiatan, “Saya sangat senang dan bangga karena menjadi bagian dari kepanitiaan Teras KPI 2020 dan tentunya tetap semangat untuk menyukseskan kegiatan ini,” imbuh Ihsan ketika diwawancarai melalui aplikasi WhatsApp.

Muhammad Ilham Ramadhan, salah satu peserta Seminar Komunikasi Nasional mengatakan materi seminar yang disampaikan oleh pemateri sangat bermanfaat dan berbobot, “Pemateri dalam memberikan materinya sangatlah jelas, padat, dan tidak bertele-tele, apalagi untuk saya yang jurusan KPI Konsentrasi Broadcasting.” tutur Ilham. (Hasya/Wike/Dina)

 


SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :