Kamis, 08 Agustus 2019

Karya Mahasiswa KPI Masuk Nominasi Pemenang Lomba Film Dokumenter Bung Hatta


FUAD, Batusangkar – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Batusangkar melalui kolaborasi mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dengan Jurusan Ilmu Perpustakan dan Informasi Islam (IPII) dalam ajang lomba film dokumenter Bung Hatta. Kamis (8/8), dua film yang diproduksi oleh kedua jurusan itu mampu masuk sebagai dominasi pemenang di ajang lomba film bergengsi tersebut dan pemenang akan diumumkan pada Senin (12/8) depan.


Ara, salah satu mahasiswa yang terlibat menuturkan, dua film yang masuk dalam dominasi pemenang tersebut berjudul “Jiwamu Ada di Kaki Gunung Merapi” dan “Aroma Kopi Hatta”. Kedua film tersebut mencoba untuk mengangkat kembali sosok Bung Hatta yang hidup dalam seseorang.

“Memang kita membuat film ini menceritakan bagaimana sosok Bung Hatta masih hidup dalam diri seseorang saat ini. Film “Jiwamu Ada di Gunung Merapi” bercerita tentang sosok Bapak Bustami yang berumur 83 tahun yang hidup sederhana sebagaimana sosok Bung Hatta. Sedangkan film “Aroma Kopi Hitam” bercerita mengenai semangat ekonomi kerakyatan yang dijalankan oleh kelompok Selaras Alam,” terang Ara.


Ara menjelaskan, dalam memproduksi dua film tersebut, tim mereka menelaah informasi mendalam mengenai sosok Bung Hatta dan karakter yang diangkat dalam film. Pengecekan lokasi serta pembuatan naskah juga dilakukan secara serius sehingga menghasilkan film dokumenter yang berkualitas dan mampu membangkikan kembali semangat dan sifat Bung Hatta.

Terdapat dua tim yang terjun dalam pembuatan film. Film “Jiwamu Ada di Kaki Gunung Merapi” digarap oleh mahasiswa KPI yang beranggotakan Tiara Ramadhani sebagai sutradata, Alex Eka Putra selaku Kameramen bersama M. Nur Risqan yang juga bertugas sebagai editor. Sedangkan film “Aroma Kopi Hatta” yang dibuat oleh mahasiswa IPII di sutradarai oleh Rahma Fira Yendri, dengan Kameramen dan editor Syah Alam Vistrot.


“Alhamdulillah kita masuk sebagai nominasi. Kita berharap mudah-mudahan Allah berikan hasil yang terbaik ketika pengumuman pemenang nanti. Dan yang terpenting tim sudah bekerja keras untuk memproduksi film tersebut,” tutup Ara. [] (fajri)

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :